Pasang IKLAN ANDA DI SINI

Cara Mudah dan Cepat Servis Receiver Parabola (DVB) Cina tidak mau start


Banyaknya kasus kerusakan dan jarangnya pembahasan tentang perbaikan reseiver parabola, maka pada posting yang perdana saya ingin berbagi pengalaman tentang perbaikan receiver parabola (DVB) produk Cina, dengan kerusakan receiver tidak mau start /standby. (hanya lampu Led indikator yang menyala).
lihat. (gambar 1)

Gambar 1
Kerusakan tersebut diakibatkan dari kerusakan Bios ( Basic Input Output System ) yang membuat rangkaian / mpeg tidak bisa booting.
Tanpa banyak basa-basi langsung aja ke TKP.......!!
Namun sebelumya kenapa saya bilang cara mudah, karena dalam perbaikan BIOS tidak menggunakan software khusus, hanya dengan peralatan Multitester/Avometer dan obeng. Cara ini mungkin sudah banyak yang tahu dan sering diterapkan dalam perbaikan RAM. Yang membedakan hanya pengerjaan dilakukan dalam keadaan teraliri tegangan (On) dan cara ini bertujuan untuk mereset data boot loader yang eror.
Sebenarnya cara ini adalah alternatif lain dari yang seharusnya perbaikan dikerjakan dengan software / program khusus untuk Flashing BIOS, namun karena belum tersedianya peralatansaya pake cara ini.

Langkah perbaikan sebagai berikut :
1. Persiapkan peralatan.
2. Buka Casing / body DVB (Gambar 2)

Gambar 2





  


3.  Mulai proses perbaikan,
- DVB dalam keadaan standby
- Siapkan multitester/avometer pilih saklar pada posisi x 1ohm.
- Colokan probe hitam (-) ke ground/negatif  dan probe merah (+) pada tanda panah pada rangkaian terutama tanda warna merah. (Gambar 3)

Gambar 3



4. setelah selesai matikan DVB kemudian nyalakan lagi.
DVB normal kembali. (Gambar 4)

Gambar 4







5. Jika proses belum berhasil coba cara kedua, proses pengerjaan sama dengan nomer 3 hanya saja posisi probe dibalik, probe merah (+) ke Ground/negatif.


Warning : 
- Saya berbagi sesuai dengan pengalaman yang saya kerjakan selama ini dan berhasil. 
- Keberhasilan dan tidaknya tergantung dari tingkat kerusakan.
- Akibat yang tidak di inginkan setelah proses pengerjaan diluar tanggungjawab.

Tambahan :
- Kerusakan dvb dengan gejala sinyal lemah ganti elko filter pada supply 3,3V
- Kerusakan dvb lampu led indikator berkedip-kedip ganti elko filter regulator pada bagian primer

Semoga bermanfaat.
Kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Related : Cara Mudah dan Cepat Servis Receiver Parabola (DVB) Cina tidak mau start

55 Komentar untuk "Cara Mudah dan Cepat Servis Receiver Parabola (DVB) Cina tidak mau start"

kalo display ok,signal ok, tapi gambar di tv gak muncul,padahal aku coba buat stel dvd dengan kabel rca yang sama bisa, kira kra kenapa ya ?

gan, kalo display nyala dgn normal,signal bagus, tapi gambar gak muncul di tv, padahal aku coba pakai dvd dengan tv n kabel rca yg sama normal gambar bagus,
mohon pencerahan

gan, kalo display nyala dgn normal,signal bagus, tapi gambar gak muncul di tv, padahal aku coba pakai dvd dengan tv n kabel rca yg sama normal gambar bagus,
mohon pencerahan

di coba dulu dengan tv yang lain.kalo tetap ga bsa juga priksa rca yang ada di Receiver barang x solderanya leps.kalo tetap gak jadi juga.saran saya bawa saja ke tukang service mas.masalahnya saya juga pernah ngalamin hal yang seperti itu.kalo cara di atas ada yang berhasil silahkan di search di blog ini biar sobat yang lain tau mas.terima kasih semoga membantu

Numpang tanya kalau habis upgrade system malah receiver tidak nyala hanya lampu on saja yang hidup tetapi tidak mau masuk kesystem gimana cara mengembalikannya. terimakasih

mas, mf mau nanya smbl belajar siapa tau bs sndri entr. Knp rcver prblaku tb2 mati total dan lstrk g msk lg. Pd kmpnen mana yg biasa rusak dan mst dganti.

berlaku untuk receiver matrix nggak, ya mas unung? karena receiver matrix punyaku mirip kasusnya.Trims...

Mekom bro...ak pny receiver matrix OTA, bru 2 bln dah eror cuma stnby..ap sama cranya...tp lain letak componeny ,ak bngng yg mn yg hrs disentuhkan AVOmeter...

mas mau nanya nih, reciver parabola dalam keadaan hidup.. tetapi semua sinyal siaran tv kosong. apakah ada masalah kabel sinyal atau bagian dalam reciver yg bermasalah?

kalau mengatasi kartu tayang tidak bisa dibaca mengatasinya bagaimana ? terima kasih

saya pernah punya kasus yg sama.coba periksa dibagian regulator/power supply nya.

kalau habis upgrade jadi gak nyala,biasanya firmware(file)nya gak cocok,alternatip harus di flash pake alat programmer

Gak ada gambar kemungkinan MPEG Rusak,atau ada komponen rusak di jalur AV,atau bisa juga IC cipset ,M3328f atau M3329,rusak..

Kak, minta bantuan nich, kog matrix yori punyaku waktu dinyalakan, displaynya brtulis on, tp kog tdk brlanjut dg angka chanel program,. Shingga tdk ada gambar, suaranya.. Bagaimana cara perbaiknny?

coba kabel yang ke lnb di cek gan...kemungkinan kabelnya putus.biar cepat ngcek kabelnya pakai multitester.langkah ke 3 coba cek rca yang ke lnb dan yang dari lnb gan.semoga membantu gan.mohon maaf baru sempet jawab

wah,,,,untuk masalah yang satu ini,kayaknya susah jawab'nya nich,he,,,,masalahnya saya lum pernah ngalamin yang kaya'gitu.coba cari di mbah google barang x ada solusinya.

wah untuk pertanyaan kartu tayang saya lum bisa jawab tuh gan..he,,,,

mas brow...gmn kalau resivernya on tapi angka indikatorx cuma 000 tidak bisa pindah chanel kerusakanya dimana

Mau nanyak nih. Saya punya Reciver merek ITV. Sewaktu di konek ke TV, sama sekali gak keluar gambar. Tanda gambar masuk ke TV aja gak ada. Sementara sinyal di recivernya normal. Apanya ya? Trmks.

ps akang, numpang tanya nech: receiver sy tersambar petir lalu kemudian mati total.biasa itu letak kerusakannya dmn akang,trims.

mas broo..prosesnya berapa lama antara merah ke kuning,dan mulainya dari warna ang mana dulu.untuk dvb gak bisa star.?

mas bro...saya mahu tanya kan cara upgrade dekoder cina dan cara masukan key biss..boleh kirimkan ke e-mel saya gak...mohamadamiruladli@yahoo.com...dari malaysia

info bermanfaat bro,saya bookmark dulu ya.siapatau nanti ada receiver yang kena mata merah bisa dicoba.Apa teknik ini berlaku juga untuk receiver HD bro?

Gan Parabola punya saya abis terkena petir abis gnti lnb dan benerin receiver tapi channel tr*ns7,Tr*nstv,Antv dll nggk dapet gan, ada solusinya nggk?

bos kalo receiver.nya kebakar itu gmana y..?

mas klo resiver cuma berkedip di rx mpeg2 itu pertama permasalahnya apa ??? dan bagai mana cara memperbaikinya

mas resiver saya cuma berkedip .yg saya ingin tanyakan bagai mn cara memperbaikinya

gan receiverku ha nya on di yg muncul sinyal tdk keluar solusinya gan

Gan....receiver punya saya (MHDE) remote-nya gak fungsi, padahal sudah diganti dengan remote baru (tetap gak fungsi) ..... sudah saya service, katanya jadi ternyata gak jadi......ada solusi gak gan ????? kira-kira apanya yang rusak ? bisa diperbaiki gak ?

Kalau lampu merah indikator kan ada 2 merah dan ijo.itu nyala cuma merah apanya ya mas.di tv dak respon saat di AV apanya ya mas

Kalau lampu merah indikator kan ada 2 merah dan ijo.itu nyala cuma merah apanya ya mas.di tv dak respon saat di AV apanya ya mas

reciver saya ada suara tapi gak ada gambarnya gimana cara memperbaikinya ya pak?

gan rx punya saya hidup normal tapi setelah qra2 30 detik gambar bergetar2 kemudian gambar hilang sma skali di layar tv n keadaan recievernya masih normmal dan saya coba dgan kabel yg sma n tv yang sama tapi receiver yg beda gak ada masalah.
awal masalahnya saya mau coba upgrade itu receiver dgn membuat kabel rs 232 sendiri dan begitu kabel itu saya colokkan ke receiver muncullah masalah itu, nah mohon pencerahan dan solusinya gan,, sblum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih banyak

Tanya bos..
Lampu led kedip2 (matrix burger)
Tlng penjelasannya bos..

Coba ganti aja elco di bagian primer regulator bos,yg nilainya 47πf 25v.

ada yang punya ke fireware matrix APPLE III HD PWR

ganti transistor kecil biasanya tipe A2 sebelum video out

gan saya punya matrix starlink v hd pvr n yg hidup hanya lampu power sama di tv hanya gambar matrix aja & apa yg rusak tu gan

Saya coba ke matrik cara ini gagal...mohon petunjuk...

gan mau tanya, knapa reciver ku habis upgrade siaran palapa dan telkomnya jd nggk ad sinyal, hanya acara tertentu yg ad, seperti mnctv aja. apa penyebabnya gan. tolong infonya. kmren sempat mati suri, udah aku uppgrade make kompi, dah jalan, tp sinyal sctv rcti trans, antv, metro, tvone nggk ada

Gan mau tanya klo receivernya kadang mati kadang hidup..receiver saya venus n klo ganti receiver merk lain apakah bisa...thx

puya sya lampuya nyala ga tpi utuk gambar gk ada t
p itu ya .. tlg jwb

gan mau tanya berapa tegangan power supply reciever getmecom hd009?
trims

Saya punya reciver matrix starlink v pas mau buka youtube selalu restart
Masalahnya apa ya gan?

Gan mau tanya, klo rx orange tv keluar nya yg muncul di layar null, trs sinyal kosong benerinya gmna?

Gan mau tanya, klo rx orange tv keluar nya yg muncul di layar null, trs sinyal kosong benerinya gmna?

Pagi mas, sy mau tanya ni, sy punya receiver Getmecom HD 009 3G TRansformer, sekarang masalahnya sewaktu kita hidupkan tombol power dibelakang, yg nyala cuma lampu merah didepan, kira-kira apa permasalahannya mas, mohon bantuanya trima kasih...

ic memori'nya itu mas,,perlu d flash ulang ic'nya

gan selamat pagi . aku punya receiver getmicom hd009 new zplay. mati total setelah ristar dari upgrade' tulong gan solusinya gimana? makasih

Cek bagian psu.jika psu masih bagus cek lagi bagian memori.cara ceknya harus di lepas dan di flash pakai eprom programer.

Selamat siang mas ...saya punya receiver topas tv yg lampu lednya berkedip terus . Gimana solusinya .......? Atas bantuannya saya ucapkan trima kasih .........

Selamat malam mas bro. saya punya receiver Winsat WR100 DV3 ada masalah diprogram nya kalo pake remote nya winsat gk bisa fungsi receiver nya, tapi dimanual pake tombol direceivernya bisa di pindah program nya, untuk kondisi remote nya winsat sendiri bagus ber fungsi bisa digunakan ke receiver parabola merek hitech, kondisi batrai remote baru.saya check volt Infra red yang direceiver winsat menggunakan avometer berfungsi berubah voltnya. bisa dibantu mas bro solusinya...? Atas bantuannya saya ucapkan trimakasih

Total Pageviews

Ikut Kami

Hasil Tracking Satelit Parabola

172.0°E Eutelsat 172A 169.0°E Intelsat 8
166.0°E Intelsat 19 159.0°E ABS 6
154.0°E JCSAT 2A 142.0°E Apstar 9
138.0°E Telstar 18 134.0°E Apstar 6
132.0°E Vinasat 1 128.0°E JCSAT 3A
128.0°E Laosat 1 125.0°E ChinaSat 6A
124.0°E JCSAT 4B 122.2°E AsiaSat 4
120.0°E Thaicom 7 119.5°E Thaicom 4
118.0°E Telkom 2 115.5°E ChinaSat 6B
113.0°E Palapa D 110.5°E ChinaSat 10
108.2°E SES 7 108.2°E Telkom 1
105.5°E AsiaSat 7 100.5°E AsiaSat 5
098.0°E ChinaSat 11 096.5°E Express AM33
095.0°E NSS 6 093.5°E Insat 3A
093.5°E Insat 4B 091.5°E Measat 3
091.5°E Measat 3a 091.5°E Measat 3B
088.0°E ST 2 087.5°E ChinaSat 12
078.5°E Thaicom 5 078.5°E Thaicom 6
076.5°E Apstar 7 075.0°E ABS 2
070.5°E Eutelsat 70B 068.5°E Intelsat 20
066.0°E Intelsat 17 064.2°E Intelsat 906
057.0°E NSS 12