Pasang Parabola Dengan Banyak Receiver Tanpa Gangguan Polarity

Ketika receiver parabola  anda bermasalah dengan penerimaan, tanpa disadari di rumah anda terinstal kabel paralel ke beberapa receiver dengan asumsi sipemasang bahwa dengan membagi satu kabel ke beberapa penerima (Receiver) tidak menimbulkan masalah seperti halnya penggunaan antenna UHF/VHF outdoor, namun itu tidak berlaku bagi penerimaan menggunakan receiver TV parabola, sebab setiap LNB yang terpasang tidak menyediakan/memiliki switch otomatis guna menyediakan/membagi polaritas yang berbeda bagi masing-masing receiver yang terpasang dan berdiri sendiri.
Alhasil ketika anda menggunakan dua atau lebih receiver didalam rumah anda dengan maksud untuk membagi penerimaan ke pesawat televisi disetiap ruang rumah, maka akan mengalami masalah yaitu adanya gangguan penerimaan pada chanel tertentu yang memiliki polaritas berbeda. Polaritas tersebut biasanya kita kenal dengan Vertikal dan Horizontal, polaritas ini biasanya berbeda untuk masing masing channel, Perbedaan Polaritas biasanya dimaksudkan untuk menghemat penggunaan Transponder atau penggunaan kanal TV yang ada di salah satu transfonder Satelit.
Sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk mengatasi permasalahan tersebut, namun anda diharuskan mengeluarkan beberapa ratus ribu rupiah lagi agar terlepas dari problem maksud, salah satu caranya adalah menggunakan peralatan tambahan yaitu berupa Mutiswitch sebagai alat untuk membagi penerimaan dari LNB, karena LNB dimaksud bukan jenis LNB biasa (MONO) melainkan sebuah LNB Combo dengan 2 atau lebih output dengan Polaritas berbeda.


Dari gambar diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :
Misalkan saja anda akan memasang 4 buah Televisi masing -masing 1 buah di Ruang tamu, 3 buah yang lain di kamar tidur, dan anda tidak ingin mengalami masalah penerimaan karena disebabkan beda polarity (maka salah satu atau lebih chanel tv tidak dapat diterima) maka anda harus memasang LNB Combo dengan 2 output (Polaritas)


Kemudian hubungkan kedua output LNB tersebut ke multiswitch misalnya jenis 2×4, yaitu 2 input dari LNB dan 4 output ke receiver,
Atur dan sesuaikan panjang kabel yang dari LNB ke Switch atau dari switch ke Receiver yang disesuaikan dengan ruang dan jarak antar kamar/ruang rumah anda.


Dan setelah semua kabel terpasang dan dipastikan sudah benar maka mulailah arahkan antena parabola anda ke satelit yang ingin dicari, jika sudah ketemu (misalnya satelit PalapaD) pastikan semua receiver sudah siap melakukan penerimaan pada saluran PalapaD. dan anda dan keluarga anda akan dapat menikmati semua chanel FTA yang ada di satelit PalapaD tanpa ketergantungan dari salah satu receiver.

Sedikit tambahan buat para pecinta elecktro.terutama buat yang lagi ber xperiment merangkai parabola dengan banyak receiver.dan keluhanya bermacam - macam.ada yang bingung cara rangkainya dan ada juga yang sudah di rangkai malah yang ada gambarnya hanya yang vertikalnya saja  sedangkan yang horisontal'nya ga ada,terus ada lagi multiswitch'ny di letakan di ruang rumah katanya sih biar gak ga kena hujan dan panas,......dan masih masih banyak lagi keluhan yang saya terima lewat sms,sebelum saya tambahin postingan ini,saya ucapkan terima kasih atas waktu anda untuk mengunjungi blog yang sederhana ini.
   okey tampa panjang lebar saya langsung saja tambahin postingnya yang simpel.simak baik-baik,he,,,,,

pada dasarnya kenapa rangkaian ini sering tidak jadi?di karenakan adanya gangguan pada polaritas atau gangguan pada Switch dan lnb.tapi gak ada salahnya kita cek kabel - kabelnya barang kali ada yang putus di tengah jalan (maaf kalo salah),he,,,
untuk lebih jelasnya kita perhatikan gambar di bawah ini

 CARA MASUKAN KODE BYSS KEY DI RECEIVER MATRIX,kami kira tak ada salahnya kami tambahin di post ini.okey langsung aja ke TKP















I. Matrix Prolink HD Ethernet NEW
  1. Menu
  2. Akses tertentu
  3. Tekan angka 8612 lalu OK
  4. Pengaturan CA
  5. Buka kunci
  6. Biss
II. Matrix Prolink HD Ethernet (bukan yang NEW)
  1. Menu
  2. Peralatan
  3. Kunci Biss
III. Matrix Prolink HD PVR
  1. Menu
  2. Sistem
  3. CA Setting
IV. Matrix Starlink V HD PVR
  1. Menu
  2. Kunci Biss/Biss Key
V. Matrix Selain di Atas

Pertama periksa dulu ada atau tidak tulisan OTA di receiver (biasanya terdapat di depan). Kalau ada, berarti receiver anda suport Biss Key. Biasanya matrix yang selain di atas cara mesukin Biss Key itu sama dan cara memasukannya sebagai berikut :
  1. Tekan Info
  2. Pencet 1234
Ataupun :
  1. Menu
  2. 0000
VI . Matrix Starlink V HD+Ethernet
  1. Tekan Menu
  2. Ketika di Menu tekan lagi 8888
Dan buat yang decodernya NON METRIX bisa ikuti langkah-langkah berikut
1.tekan tombol info
2.1234 atau 9999 atau 0000 atau 6666
 Kalau ga' jadi juga berarti DECODER sobat belum Suport BISS KEY

setelah baca postingan di atas,jari jari saya tiba tiba gatal ingin nambahin postingan,he,,,
yang ingin saya tambahin adalah GETMECOM HD009 NEW nama apa itu??? itu nama receiver yang sudah bisa buka acakan biss key dan powervu.untuk harga saya kemaren beli pas akhir tahun 2015 harganya 450 ribu itu saya beli online di boka*****.
    oya speak lain bisa  tersedia 3 pilihan yaitu langsung pasang modem, via wifi atau kabel rj45 ethernet
dapat menggunakan modem 3G
memungkinkan untuk memainkan youtube, google maps, mail, e book, game N32, viewing foto via picasa, flickr dll
Memiliki menu hiburan dewasa via daily motion via internet
Biss n Ca setting komplit
HD MPeg4 dan Mpeg2 sehingga dapat menangkap semua format channel
Model kecil dan elegan namun tetap tangguh
merekam via usb
Memainkan lagu, gambar atau film dari usb
usb yang satu untuk modem atau untuk flashdisk
Blindscan yang cepat
Terdaftar di postel Indonesia
Dapat langsung dipakai pada berbagai jenis parabola seperti parabola jaring kawat, dish mini bekas aora tv, telkomvision dll langsung ganti receiver anda
 Getmecom HD 009 New Azplay
- langsung pakai buat buka acakan
- sdh dengan software terbaru
- langsung colok modem
- built in wifi, jadi tidak perlu dongle
- Full HD
- new style
- new features
- Multimedia
- Ethernet
- bisskey, CCam
Dengan tampilan gambaar yang jernih dan banyak fitur-fitur meenarik di dalam nya

Kelebihan dan Kekurangan Receiver GETMECOM HD 009 New WiFi
Kelebihan :
  • Multimedia (Bisa memutar file MP3, MP4, MKV, FLV dan bisa juga membaca file subtitle).
  • Merekam atau biasa disebut PVR.
  • Built-in WiFi. Tinggal konekan saja ke hotspot, tidak perlu USB WiFi Stick Dongle.
  • Bisa buka acakan BISS, PowerVu, serta bisa CCcam.
  • Youtube, Google Maps, Weather, Qur'an, dan lain-lain.
  • Webserver ready.
  • Colok modem langsung (tidak semua modem).
  • Opsi GPRS/3G Network.
  • DLNA, IPTV ready.
  • Bisa memilih subtitle untuk channel tertentu.

Kekurangan :
  • Tidak ada tombol khusus untuk memasukan BISS.
  • Hasil rekaman channel yang diacak, tidak bisa diputar di laptop.
  • Tidak bisa mendownload video Youtube.
      
    berikut penampakan receiver  GETMECOM HD 009 New WiFi



    Kelebihan dan Kekurangan Receiver Getmecom HD 009 New WiFi
untuk sofware update receiver GETMECOM HD 009 New WiFi kapan kapan aja dah nunggu ada yang rekues,he,,,,
untuk simpenan aja lah,biar jika butuh tinggal comot
kode powervu  bisa di download disini 
ini DB sederhana saya belum komplit sih karna lum ada waktu aja buat traking
ini DB cuma ada palapa.telkom,asiasat3,asiasat5,intelsat19
.buat yang butuh DB bisa ke sini
untuk sw Azplay bisa ke sini
untuk sw XCruiser bisa ke sini

 Untuk yang ingin mengetahui cara upgrade receiver Getmecom hd 009 new bisa baca di sini

Tambah lagi nih buat yang pengen upgrade rx matrix/rx yang lain bisa ke sini

  Okey sahabat blog dunia electro sekian dulu tambahan dari kami.semoga bermanfaat bagi anda.jangan lupa komentarnya di bawah post.kami tunggu!!!! 

Artikel Terkait

112 komentar

wahh sangattt bermanfaat

makasih gan,dah mampir di blog kami...jika masih ada masalah tentang parabola bisa di tanyakan lagi.

klu pasang 90 reciver, pakai multi swit koansat.bisa ga...

@ Saelani Cirebon
menurut saya pribadi kayaknya ga bisa gan.saran saya coba pasang yang 8 receiver.itupun kalo pake (5 in 8 out Multi switch Kaonsat MS 5801P).untuk harga bisa di tanyakan di toko elektro.
semoga membantu gan

numpang promo gan,kwkw,,,
Mampir di sini.

http://ps2post.blogspot.com/

mas unung, kalau d gunakan 4 lnb bisa ndak cara ini? tq.

Beny's
Bisa gan.yang penting multiswitch'nya dari lnb juga harus 4 input.semoga membantu gan

maksud multiswitch'nya dari lnb juga harus 4 input gimana gan?

cara masang lnb combo ke parabola gimana ya ? masih pemula hehehee ! dan harga lnb combo + multiswitch 2x4 sekitar berapa ?
terima kasih

@Nurkholis
maksudnya y ntu mas.input disini adalah kabel yang buat menghubungkan dari lnb ke multiswitch.

Mohon maaf ada beberapa komentar yang tidak kami publikasikan.di karenakan memakai kata - kata kasar.ini tempat buat berbagi bukan tempat untuk berkata se enaknya sendiri.buat yang mau komentar saya harap untuk memakai kata kata yang sopan.terima kasih

selamat siang mas,
mas saya mau nanyak ni,Saya rencanaya mau menambah 3 Receiver sementara yang saya pakai 2 LNB engkel saja yakni PALAPA D dan Telkom 1 ,apabila di hubungkan ke Multi Switch 2x4 apakah bisa ya mas,?

dan bagai mana mas untuk mendapatkan PIN Bss Key.?mohon penjelasanya ke email saya fz.yono@gmail.com

Terimakasih sebelumnya

Gs Yono
sudah saya kirim mas.cek saja di kotak masuk.

gan gimama cara 4 lnb untuk 1 parobola, 2 reciever ?
saya sudah ada gadmai twin GM-999 sama 2lnb biasa, dan saya sudah memasangnya, alhasil reciever pertama cuma bisa palapa + telkom dan reciever kedua hanya bisa palapa saja !!!
pertanyaan saya gimana caranya agar kedua reciever bisa menerima 4 satelit ? karena saya punya 4 lnb

mohon bantuannya agan agan

Nugroho Goo

Mohon maaf baru sempet jwb.
Untuk masalah agan,terjadi pada LNB.kenapa ko' LNB?karna kalo LNB biasa di buat 2 receiver tentunya ga bisa gan.kalau agan pengin semua receiver berfungsi apa yang di harapka,agan harus beli yang 4LNB Combo a/ 2LNB Combo.dengan menambah multiswitch 4V & 4 H.a/ lebih jelasnya agan bisa liat gambar switch di atas.kalao pengin belajar saya saranin buat yang 2 LNB 2Receiver dulu gan.Semoga membantu Gan

Gan...mohon petunjuk
saya baru mau pasang,,,hehehe
1 piringan 4 LNB untuk 2 Televisi...kira-kira part apa saja yang harus saya beli?

@ ongkie

Yang harus di beli cuma 4 LNB COMBO(jangan pakai LNB biasa)
Satu swicth yang 8 in 4 out ( swicth yang ini harganya lumayan mahal mas)

kira2 cuma itu gan yang perlu di beli.
bila kurang jelas e-mail aja mas
diaditrisubekti@yahoo.co.id

Assalamu alaikum...
numpang baca cari ilmu gan...

wangalaikum salam buat Ben Apik
trims dah mampir di blog saya,semoga menjadi pengetahuan yang bermanfaat buat kita semua...

Mas kalau saya punya 1 lnb tapi punya 2 tv trus kalau saya belikan switch apa bisa? Pemasangannya bagaimana mas?

h @Anom Wibowo

Sebulum kami jawab,kami ada pertanyaan untuk anda mas.
1.Apakah LNB'nya Combo Mas?
2.Apakah anda juga punya 2 Receiver Mas?
Nah silahkan anda jawab 2 pertanyaan di atas,he,,

Okey mas Anom saya ingin kasih masukan sedikit buat anda.

Yang jelas jika anda ingin memasang 1 parabola 2receiver maka anda harus mempunyai LNB combo mudahnya LNB yang mempunyai (2) lubang kabel yang nantinya di hubungkan ke multiswitch.
terus untuk 2 tv,kami bingung untuk pertanyaan ini mas.jangan - jangan anda hanya mempunyai 1 Receiver mau buat 2tv nich.jika benar maka saya jawab bisa.cuman nontonya ya ngikutin aja sama yang pegang remot'nya mas.
contoh :
Tv 1 di ruang tamu.receivernya juga di ruang tamu,Sedangkan TV 2 di kamar anda.di ruang tamu sedang nonton SCTV.Maka secara otomatis mau tidak mau anda juga ikutan nonton SCTV.nah gunanya 2 receiver dan LNB Combo adalah untuk membagi antara tv 1 dan tv 2 biar tidak tubrukan.bahasa jawanya tumpukan,he,,

okey mas sedikit masukan buat mas.jika anda masih kurang jelas bisa di tanyakan lagi

Mas tanya lagi, saya sudah lama berlangganan yes tv (beli putus bukan pinjam sewa) tapi dekodernya masih mpeg2 dan belum ada chanel mnc tv, apa bisa ditambah chanelnya? Caranya bagaimana?

mas mau tanya
saya punya tempat kost 12 kamar
saya pingin masing2 kamar dengan 1 receiver tapi parabolanya cuman 1 atau 2, pake alat apa ya, kalau semua masang antena parabola tempatnya yg gak ada,
mohon di bales
toto ambon
085243336633

trima kasih ...atas postingnya mas

Mav maz mau tanya ni..
saya sudah mempunya parabola yang ada bsa menangkap satelit palapa dan telkom serta dapat diparalelkan. yang saya tanyakan apabila saya akan menambahkan 2/3 lnb lagi apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara pemasangannya. bales lebih ke kusdi.glek@yahoo.com. terima kasih maz

Mav maz mau tanya ni..
saya sudah mempunya parabola yang ada bsa menangkap satelit palapa dan telkom serta dapat diparalelkan. yang saya tanyakan apabila saya akan menambahkan 2/3 lnb lagi apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara pemasangannya. bales lebih ke kusdi.glek@yahoo.com. terima kasih maz

maaf mas newbie ne..hehehe
mo tanya, saya udh punya LNB twin, trz salah satu ny rusak, bisa g saya ganti yg rusak aja jd beli LNB single or hrz beli yang twin lg?

@Anom Wibowo

mohon maaf baru bisa jawab mas,,
wah mohon maaf mas saya belum pernah otak atik dekoder yang di maksud mas,,,liat dekodernya saja belum pernah mas,,,,atau mungkin teman2 ada yang tau bisa di beberkan disini,he,,,se kali lagi mohon maaf mas kami belum bisa bantu

terima kasih juga mas dah mampir di blog yang sederhana ini...

mohon maaf baru sempet jawab mas...
tentunya mas harus beli LNB yang twin mas,,,jika LNB biasa kemungkinan malah tarik tarikan antara dekoder 1 dengan yang lain,,,kira kira seperti itu mas,,,,jika masih bingung bisa di tanyakan lagi disini mas

sudah kirim mas smsnya,,,,mohon maaf telat mas,,,

yang di butuhkan hanya diseq dan multiswitch.untuk cara pemasangan sebagai gambaran juga bisa di lihat di
http://najwatehnik.blogspot.com/2012/05/gambar-rangkaian-4-lnb-2-resiver.html

mohon maaf saya belum bisa poto rangkaian milik saya yang asli,lain kali mungkin kalau sempet naik atap rumah tak poto milik saya yang asli,he,,,

maaf bos, kalo yang terpasang pada umumnya apa ya...? sebab saya masih ragu apa yang di maksud lnb 2 output.....!!!
contoh: saya perhatikan lnb yang terpasang pada parabola saya ada 2, dan yang 1 (telkom) ada 1 colokan dan yang ke-2 (palapa) terdapat 2 colokan dimana masing-masing lubang terhubung pada lnb 1 (telkom) dan lubang kedua terhubung pada receiver.
apakah itu combo? atau apakan itu yang dimaksud 2 output....????
thanks buat perhatiannya

@sam suleman

mohon maaf baru sempat jawab mas..
Begini mas,yang di maksud LNB COMBO adalah LNB yang mempunyai 2 lubang.mungkin punya mas hanya yang LNB 1 yang di maksud LNB COMBO.
Sebagai contoh kemaren tetangga saya baru pasang 1 parabola dengan 2 LNB combo dan untuk receivernya sendiri ada 2 receiver.nah untuk rangkainya sendiri saya menggunakan 2LNB yang ada 2 lubang kabel di masing-masing LNB.kemudian saya sambungkan ke DISEQ yang mempunyai 4out dan 2 in.hadah gimana ya cara jelasinya,he,,,,ko malah muter-muter gini,he,,,,ya gini mas pada intinya yang di maksud LNB yang mempunyai 2lubang/colokan kabel di masing - masing LNB.bila kurang jelas e-mail aja mas,,,
unungdiadi@gmail.com

Ikutan nimbrung nih mas Bro.
sy sdh pasang 2 LNB dg 2 receiver, utk receiver 1 kan ada sat outnya kemudian saya connect kan ke receiver 2, kenapa siarannya gak bisa masing2 satelit ya,.apa hrs pake multi switch supaya masing2 receiver bisa berfungsi dg satelit yang berbeda,.terus switchnya berarti hrs yg 4 input 2 output gitu mas,.tq

@emaybehappy

iya mas,,memang harus pakai multi switch.ya benar sx mas multi switchnya yang 4in dan 2 out.
selamat mencoba mas,semoga berhasil....

Om nanya..
Saya mu pasang 2 resiever 1 dis cm reseiver nya bd yang 1 mpeg2 yg satunya mpeg4 itu bisa tidak?
Saya mumet om..makasih

@ Atang
Bisa gan.tapi tergantung receivernya yang mpeg2 kadang ada yang ga bisa tuh,,,di coba dulu aja mas,,,,

Oke dah clir...
Anu ane coba experimen, dirumah ada dish bekas indov, katanya bs nangkep nss6 dengan sarat harus pke lnb ku, yg mu saya tanyakan saya mu pararel ke 1 resiver 2 dish, kan kmren saya pararelkan 1 dish 2resiver yang otput dari dish awal saya pararel sama dish bekas indov biar bisa nonton yang dari nss6 juga dari palapa n telkom? Kira2 ga akan jd masalah mas...
Maaf banyak tanya maklum new mas...

Atank

Mohon maaf baru sempat jawab mas...
Kalau yang mau di pararel 2LNB untuk 1 Receiver sih ga' ada masalah mas.yang jadi masalah kalau 2LNB untuk 3 Receiver Tapi tanpa di tambahin Multiswitch itu baru berebut siaran mas,,,,okey ga apa mas,saya juga senang bagi2 ilmu mas,thx

Oke mas unung tarengkiw pokoya topjos gandos..
Good luck maju trus.. :D

Maaf numpang tanya gan...
Dua rumah berhadapan sebrang jalan, rmh yg A brparabola dn rmh yg B blm,. Pertanyaan saya menurut agan rumh B pasang lnb/disk sndri atw ckup memparalele punya rmh A? untk lbh ringan diongkos/pemasangan sndri?
Maaf kl ada salah gan, cma minta pndapatnya,..
Trimakasih :-)

@pedro

menurut saya pribadi mending bali lnb yang combo mas.
contoh rumah yang B kan dah ada parabolanya lah tinggal di beliin LNB combo sama diseq dah jadi tuh mas 1 parabola 2 receiver.
terima kasih juga buat mas pedro.jika masih ada kesulitan bisa di tanyakan lagi mas.mohon maaf telat jawabnya.

met pagi gan....
saya mo nanya ....rencananya saya mau nambah receiver satu lagi buat satu parabola....sedang dirumah tersedia cuman 2 lnb engkel buat palapa dan telkom....kira2 cukup dengan multi switch aja ga gan...? atau apa aja yang mesti saya tambah ...?

mohon pencerahannya ...kalo bisa kirim ke email saya :
arihasyim81@yahoo.co.id

Gan ane perlangan telkomvision di rumah ada dua resiver,,, ane seri dari resiver 1 ke resiver ke 2, tu polaritas ngikutin resiver 1,,, resiver 1 nonton chenel di polaritas V maka resiver ke 2 tidak dapat sinyal di polaritas H, lnb singel bisa kah di paralel mengunakan multiswitch? Jika pake lnb combo bisa kah menerima siaran telkomvision,,
Tolong di email ke ghofar87@gmail.com

maaf mau tanya gan...
saya punya parabola 2 lnb.yang satu 2 lubang tulisannya LNB dan RCV, yang satu lagi 1 lubang. bisa ga kalau diparalel 2 reciver ?,alat apa saja yang harus ada ?.
maaf kalau ada salah gan......

mau tanya juga nih gan, agak bingung. Jadi kalau saya mau parabola yang dipararel ke banyak tv :
1. harus LNB yang combo
2. Harus ada multiswitch
3. Harus ada tiap2 tv masing2 receiver
betul begitu bukan?
Dan ada lagi yang saya mau tanya, kalau saya ada nganggur receiver py indov drmh, bs dipake engga buat nangkep parabola biasa yg tadi di pararel itu?
Trims. Bs dbls ke lost.kid@mail.com

cukup dengan membeli 2 atau 4 lnb combo sesuai selera mau yang lnb 4 atau 2,untuk tambahanya hanya diseq gan.semoga membantu gan

yaps masalah penerima agan sama seperti milik temen saya tadi siang,baru beli receiver,alih alih mau nyoba 1 parabola 2 receiver tanpa mengganti lnb combo,yahh jadinya ya seperti yang kaya agan alami.saran saya mas ganti aja lnb'nya pakai yang combo.milik temen saya lnb'nya di ganti mah,jozzzz pokoknya lah.kenapa bisa terjadi seperti itu karna signyal yang masuk ke receiver berebut antara receiver 1 & 2.itu dulu mas yang bisa saya bantu,bila masih kurang paham bisa di tanyakan lagi

kalau lnbnya masih seperti itu gak bisa gan di pararel.
pada intinya yang namanya mau pararel 1 parabola dengan 2 atau 3 ke atas,mau di otak atik seperti apa gak bakal sesuai keinganan jika belum ganti lnb combo gan.saran saya ganti lnb'nya dulu gan,sekalian tambahin diseq.

tak apa mas,saya juga seneng bagi ilmu gan,,,

Betul mas,dari penjelasan 123 itu sudah betu.kalua indov kebetulan saya lum pernah nyoba tuh mas,di coba aja mas,,,

slam kenal mas. saya mo nanya kemarin saya pasang 1lnb quoad (4out) untuk 4rx,awalnya 4rx tersebut sinyalnya normal,tp setelah 2minggu klo rx yg di ruang kluarga dimatiin rx yg ke tiga2nya gak ada sinyal.klo dinyalain smonya normal,kri2 apanya yg rusak?

Coba ganti diseq mas..jika belum jadi juga kemungkinan LNB'nya mati mas..

mas mau tanya? dirmh kan ad parabola jadul tp skrg gambarnya dah diacak smua mas disaq jg dah gk bs.... mohon petujuk mas ap yg perlu saya ganti lnb.nya atau receive.nya mas matornuwong......

MAS MOHON INFONNYA, SAYA PAKE 2 LNb pointing pertama ke sat palapa tapi pas mau pointing ke telkom antena saya harus di angkat ke arah barat begitu sebaliknya pas pointing ke telkom saya mau dapet sinyal palapa ya harus aga ditarik condong ke timur, maklum newbie, mhon info ke 087827755597/pin 314c1430

Coba di cek posisi LNB di 38/40.jika di daerah pegunungan biasanya menggunakan posisi LNB 38.jika belum jadi juga kemungkinan kesalahan erjadi di diseq.sedikit penjelasan semoga membantu mas..

Ganti saja LNB,DECODER dan DISEQ yang baru mas...

mantap,bermanfaat bro....thank's....Tapi Minta Artikelnya Dong....???? MAkacih...

gan klu mau paralel trus katax gak bs klu gak diganti lnbx pakai yang combo...trus ada solusix gak gan,,, misalx dari lnbx di pasangkan diiseqc yang 1 x 2 gitu baru ke multi switchx ?????

sebllmnya maaf mas,,mau jelsnya aja .klo pake LNB biasa berart ga bsa di pake 2 receivr ya mas .walaupun di kash mult swith ....?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

buat mas ade dasar

Okey langsung saja kami jawab.TIDAK BISA.kenapa karna jika LNB biasa di pararel biasanya saling berebut sinyal.mudahnya seperti ini

misal mas pasang tv+decoder di kamar dan di ruang tamu.sedangkan di ruang tamu memilih chanel rcti sedangkan di kamar juga rcti,pasti chanel yang ada di kamar dan di ruang tamu chanel rcti hilang/tidak ada signyal.jadi saya saranin untuk beli LNB COMBO/TWINS.
jika masih bingung bisa di tanyakan lagi di sini.trims

kalau pakai LNB biasa sih bisa mas.tapi ke 2 decoder tidak bisa menuju ke 1 chanel.jika 1 decoder lagi nonton trans 7 kemudian decoder 1 juga nonton trans7 pasti chanel trans7 tidak ada signyal.lah jika ingin buat pararel tapi gak ganti LNB COMBO hanya di kasih DISEQ.ya kejadianya cuma seperti itu mas.

Trims gan atas kunjunganya.bisa di kasih alamat e-mail"nya mas???biar saya bisa ngasih posting'nya mas

mkash mas atas jawabanya.... wah klo beli lg yg lma ga ke pake jadinya klo tau gt dlu aq beli yg combo aja ....mas aq mo nanya paswordny supaya bsa nonton bola .......makash tak tungg jawabnya.....

selamat siang mas broww...
mau nanya nichh kemarenn ane baru beli lnb twin merk ta**ka, multiswitch nya yang 4x4,supaya bisa jadi 4 satelit apakah ane harus beli lnb twin lagi,,klo mass broww berkenan cara rangkai bagaimana klow bisa dalam bentuk gambarr..

Sepertinya anda harus lihat gambar berikut ini mas,,


http://www.google.com/imgres?imgurl=http://1.bp.blogspot.com/-s_A_h4PfVrs/ThDqIpbeMUI/AAAAAAAABCw/c-t7WTneP3Q/s1600/www.starservicego.blogspot.com%2BPemasangan%2B4LNB.JPG&imgrefurl=http://starservicego.blogspot.com/2011/06/cara-pemasangan-4-lnb.html&h=356&w=475&sz=116&tbnid=Dot5DyeVirbbpM:&tbnh=93&tbnw=124&zoom=1&usg=__Y9lexCQR_sRPzQ6Nc2oRmcDqUXc=&docid=o84XDQWYlgYmXM&sa=X&ei=nRKKUeP7CIS4rAfZ-4GQDQ&ved=0CEYQ9QEwBA&dur=3439

punten mas mau tanya ada gak lnb yg bisa nangkep siaran c band + ku band dalem 1 lnb merk nya apa?

Mas mohon infonya...
Sekarang dirumah saya pake 2 antena untuk 7 tv yg dihubungkan dengan splitter yg ada boosternya (1 antena 4 tv)....Rencana mau pasang parabola bebas iuran, apa aja sih mas peralatan yang dibutuhkan selain parabolanya itu sendiri, splitter bekas antena bisa dipake ga bwt gantiin multiswitch...
thank u Mas...

bos gini aq bru bli lnb yg Twin 4lnb 6rcv,kendalanya cara ngrankai lnb nya sama diseq trus multi swit nya gimana ya
soalnya yg ketangkep sinyalnya cuma asiasat3 yang lain kaga ada...solusinya gimana ya bos??
matur tangkyu bos..

Postingan nya mantab,Mas...
Saya mo tanya,Mas..Diseq itu apa ya,Mas? Kalo berkenan, saya minta info daftar harga LNB combo, multiswicth (untuk 4 receiver).
Maaf kalo merepotkan, terima kasih..

ada gak skema devider mas?

Mau tanya Mas,saya mau pasang Parabola baru dengan LNB Combo (2 receiver). Untuk banyak satelit, kira-kira jenis receiver yang bisa dipakai/kompatibel. akasih Mas !

Purbi S.

Mantap Gan artikelnya semua sangat bagi yang hobby elektro, Gan mo nanya nich gimana caranya pasang LNBF 4 pada parabola solid matrix 1.8 cm 7 feed klo gak salah..tolong pencerahannya gan dan terimakasih

Saya jd bingung membedakan LNB Combo. Beberapa artikel yg saya baca mengatakan kalau LNB Combo adalah perpaduan LNB C-Band & KU-Band.
Disini (apakah saya yg slh baca) pengertian LNB Combo kok LNB yang memiliki 2 lubang, bukankah itu namanya LNB Twin? Mohon penccerahannya mas spy saya gak makin bingung.

Gan mo nanya
Saya baru beli LNB Combo mempunyai 3output, rencana dipsng pss di telkom dgn 4LNB 1RX, gmna pengaturannya. Gan
Mhn krm ke: mansyur24@yahoo.co.id

selamat malem mas,
mas saya mau nanyak ni,Saya rencanaya mau pakek 4 Receiver sementara yang saya pakai 2 LNB twin dan menangkap PALAPA D dan Telkom 1 , smentara ini saya masih pakai 2 reciver. kira2 bisa nggak kalau mau di tambah 2 reciver lagi cuma nambah Multi Switch 2x4?
dan gmn caranya?
kalau misalkan harus nambah alat mohon di terangkan sekalian.
mohon penjelasanya ke email saya "antiko.wiwid09@gmail.com"

Terimakasih sebelumnya

Mas, mau tanya ni, receiver sy goldsat gsr 2800, pas mau tambah transponder, pd saat memasukkan angka frekuensi dan symbolrate, di barcode jd seperti diblock. Misalnya diketik dengan mengira2 angka yg dimasukkan tidak tersimpan malah berubah jadi angka 12529. Mohon pencerahannya.
Klo bs sms ke 08996665484
Maksh banyak mas.

sekalian mas emailkan juga ke almt saya jajangjuhandi@ymail.com....

thk sebelumnya

Maav mas numpang nanya juga nih maklum newbie hehe..saya jg pelanggan telkomvision ( berbayar ), apakah parabola jenis berbayar trsbt bs diparalel juga? klo bisa, alat apa sj yg harus tersedia.mohon pencerahan lengkapnya ya mas di 081226655257 / AL..trimakasi sebelumnya..

asslamualaikum,,
mau nanya nih mas, kalo tanpa switch apa bisa ? rencana saya mau make LNB Combo yang dua out put itu langsung ke dua reiceiver..? maturnuwon...

mihda76@gmail.com

mas skalian email ke pandewayana@gmail.com, makasi

sekalian email ke pandewayana@gmail.com mas, trus no hpnya biarbisa konsultasi, makasi

Kalo pake combo aja, bisa gak dapat satelit palapa + telkomnya? terus mau mencari satelit di KUband seperti NSS6 bisa gak tanpa harus menggunakan hidrolik?

saya mau tanya nih,
sy punya kost ada 12 jadi butuh 12 rx, maunya sih penerimaannya 12 rx dg input 2 satelit (palapa V , H, terus Telkom H saja) saya sdh beli multiswich 5 x 12 cuman cara pasanngnya gimana ya?

mlm mas.
saya punya dish bkas yes tv sama LNB c-band.
bisakah saya pake receiver untuk nangkep siaran tv nasional sama luar. referensi receivernya donk mas..
emailku : preman.urban@rocketmail.com
thanks.

melu payu mas...
nyuwun tulung, kulo nggih di email..
pakealif@gmail.com
maturnuwun..

Selamat malam mas, mohon saya dibantu, saat ini saya punya satu parabola yang LNBnya 2 (namun LNB biasa/bukan combo). Saya bermaksud mengunakannya (satu parabola) untuk 6 buah Reciver karena saat ini orang tua saya punya kost-kostan 6 kamar.
Jadi gimana caranya?
sebagai tambahan saya berdomisili di kota Kisaran Kabupaten Asahan-Sumut dan saya bukan orang teknik.
Terimakasih.
bisa dibalas melalui :
SMS- 081370257464 / agustogatorop@gmail.com

Mantap infonya,sangat bermanfaat dan lengkap sekali tentang pemasangan satu parabola ke banyak receiver.

ekalian mas emailkan juga ke almt saya masrul61@yahoo.co.id

thk sebelumnya

Mas Mintol kalau bisa di emailkan juga di:
achmat_mtk@yahoo.co.id
Trim's sebelumnya...

Terima kasih banyak atas segala infonya, salam sukses..
http://goo.gl/j7LG9C

mas mau tanya,,,, kalau satu reciver untuk dua tv, tv yang satu lewat jalur rca, dan satunya lewat rf bisa gk,,,? and kalau yang lewat rf apakah bisa pindah chanel tanpa lewat reciver,,,? maklum gk tau soal parabola... trims jawabannya,,,, jawab ke Erinkomputer@gmail.com

Gan kirimin cara nya ke email sy ya? trimakasih.
email ku: fikri.dzulfikri@ymail.com

kalo bikin lnb c band combo( c band & c band) gimana gan???

assalamualaikum...
mau tanya mas, klo untuk pemasangan 6 - 8 tv, apa aja yang harus ditambahkan klo pemasangan parabola saya cuma yang standart,, cuma dapet 1 receiver dari paket parabola'a...
dan untuk di daerah harmoni lebih bagus pake matrix atw venus yya...??

Asslmkm...mas saat post coment ini saya semntra istrht dari otak atik parabola dan 3 recever drmh..nah mslhnya gmna cranya memararel? Sya pake lnb yg 2 kabelnya trus pake 2 multi switch 41 tapi itu cuma bisa untuk 2 recever trus gmn cranya spya sy bsa pake 3 recever? Sya sdh coba satu multi switch trus saya cabang untuk outputnya ke recever dgn multi switch 31 tapi signal bertabrakan...gmn solusinya mas? Dtggu scptnya..

mas sekalian mohon dikimkan ke email saya s.sofiyan@yahoo.co.id Terimakasih

Numpang nanya, Gan ...
Dimana bisa mendapatkan Multi Switch ya ?
Daerah Semarang ato Solo ada gak ?

Bagi Anda yang butuh jasa pemasangan parabola parallel silahkan hubungi jasa kami: Jasa Pasang Parabola Paralel

Mas minta tolong kirim jg ke darlis_g@yahoo.co.id

Maaf mau tanya : saya baru pasang parabola matrik dengan lnb combo dan dua decoder k-vision seperti saran penjual permasalahan : di decoder "A" satelit palapa D bisa nonton semua siaran gratisan tetapi di decoder "B" hanya bisa nonton TV nasional sedangkan seperti disney, carton netwok dll tidak bisa, kata 2 teknisi yang sudah saya panggil harus menunggu dan tidak boleh pindah satelit nanti akan bisa ditonton semua chanel seperti di decoder "A" tapi sampai sekarang sudah 3 minggu tidak bisa tetap yang ada tv nasional saja mohon bantuan info di email dekta.kadek@yahoo.com terima kasih

jadi kalau lnb biasa gk bisa ya mas pake gituan..
tolong jawab nya di email saya aja mas..
ini emailnya afrikha.ak27@gmail.com

Askum mz,mau tanya ni mas saya punya 2 reciever tpi lnb saya mash mono,jika saya beli multiswitch apakah bisa saya setting untuk 2reciver tanpa ganti lnb combo,trus caranya bagai mana,trimakasih maz..email saya triebowo72@gmail.com

Askum maz,mau tnya ni maz saya punya 2 reciever tpi lnb saya mash mono,jika saya beli multiswitch apakah bsa di gunakn untk 2 reciever tanpa ganti lnb combo,trs caranya bagai mana,email saya triebowo72@gmail.com

Mau nnya dong gan, ane kan punya disk bekas aora tv, itu kan ku band, trus ane pake receivernya pake kvision k1200 c band, itu bisa apa enggak ya gan,,
Bls ke email ane aja gan.. maulana_deviz@yahoo.com
Terima kasih..

Gan saya punya parabola dgn 2 lnb kembar masing" 4 output!klo mau lbh dari 4 receiver caranya gmn? Harus tambah alat apa lagi?

Gan... Mau tanya
saya punya tempat kost2an 8 kamar,
saya pingin masing2 kamar dgn 1 receiver tapi parabolanya cuman 1, pake alat apa ya,bisa ga ya,
mohon di bales ya gan...
082285769399

Mas Unung,

Mohon info klo d rmh punya dish Aora, kira2 bisa d modif gak biar bsa terima channel lokal biar jernih tapi dgn tidak bayar bulanan?

Salam,
Dona
Hp 087881636620

terakhir saya update blog ternyata pada tahun 2013.waow lama juga ya,baru hari ini bisa cek blog lagi.buat komentar saking banyaknya pertanyaan saya ga bisa jawab satu persatu.jadi mohon maaf buat para juragan yang lum bisa dapet jawabanya.@dean's blog-beliin 2LNB aja gan,untuk pertanyaan lebih jelasnya e-mail aja juragan ke unungdiadi@gmail.com

Boss...mau tanya, Ane sdh tdk berlangganan indovsn...tp parabola dan receiver nya msh ada sdh 2 thn., masukan boss biar bs dimanfatin.... thnks