Pasang IKLAN ANDA DI SINI

CARA MEMBUAT SIRENE MULTI NADA

Gambar skema Rangkaian Sirene Multinada beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Sirene Multinada. Anda pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya sirene. Anda pun pernah mendengar bunyi sirene. Entah sirene mobil patroli polisi atau sirine mobil ambulance. Kalau denger sirine mobil ambulance sih serem dan deg-degan he he he
Berbagai aneka macam sirine pernah ditampilkan di beberapa website, tapi tak ada salahnya, kami ingin menyajikan kembali rangkaian sirene. Yang jelas skema rangkaiannya berbeda dong dari yang pernah Anda lihat di buku, majalah atau website.
Gak basa-basi lagi kami kenalin dengan Rangkaian Sirene Multinada. Multinada? So pasti ada variasi beberapa nada. Silakan lihat dan pelajari gambar skema-nya di bawah ini.

Sirene elektronik multinada ini berguna sebagai alarm pencuri, bel tanda masuk/istirahat kerja, bel pintu dan lain-lain. Sirene ini menghasilkan lima nada suara yang berbeda dan tertangkap telinga lebih dari satu nada.
Rangkaian ini dibangun oleh IC 4060 dan LM386 penguat daya audio kecil. IC 4060 digunakan sebagai generator multinada. Sebuah induktor 100μH digunakan pada masukan dari IC 4060. Jadi berosilasi dalam kisaran sekitar RF 5MHz.
IC 4060 sendiri membagi sinyal RF ke AF dan rentang ultrasonik. Sinyal audio frekuensi yang berbeda tersedia di pin 1, 2, 3, 13 dan 15 dari IC 4060 (IC1). Sinyal-sinyal multifrekuensi dicampur dan diumpankan ke penguat audio dibangun di sekitar IC LM386. Output dari IC2 diumpankan ke speaker melalui kapasitor C9. Jika Anda ingin suara lebih keras, menggunakan power amplifier TBA810 atau TDA1010. Hanya lima output dari IC1 yang digunakan di sini sedang lima output lain (pin 4 sampai 7 dan 14) menghasilkan sinyal ultrasonik, yang tidak terdengar. Catu daya yang diperlukan untuk Rangkaian Sirine Multinada ini adalah 6 – 12 Volt (baterei).

Related : CARA MEMBUAT SIRENE MULTI NADA

Ikut Kami