Pasang IKLAN ANDA DI SINI

Cara pasang dua LNB dengan dua Receiver untuk dua Satelite


Langsung saja… pertama anda tentu harus meyiapkan alatnya dulu… kalau anda sudah punya Lnb twin dan Lnb 1 sekarang lnb tersebut anda buang saja lah hehehehe…. bercandaaa… Okkey,,,,, ANDA BELI DUA BUAH LNB DUAL OUTPUT DAN DUA BUAH DISEQ 2X1 (inputnya dua outputnya satu). LANGKAH KERJA : Pasang kedua  Lnb tersebut di dua lobang penampang Lnb pada antena (parabola), atau jika anda sudah punya /terpasang Lnb Twin maka ganti langsung dengan yang baru tapi jangan merubah posisi pointing antena , jadi hanya menurunkan antena dengan tongkat yang ada kemudian nanti bisa di kembalikan lagi seperti semula, sehingga posisi antena tetap fokus seperti semula (biar gak cape pointing lagi). Kedua Lnb dual output ini sama, sehingga anda bebas mau di tukar/di tempatkan ke palapa atau telkom. Kemudian anda ambil satu diseq (selanjutnya saya sebut diseq A) yang sudah disiapkan dan pasangkan output diseq A tersebut ke input  Receiver (selanjutnya saya sebut receiver 1 ) , Kemudian input 1 pada diseq A (biasanya pada diseq ada tulisan LNB 1 in atau LNB A in) tersebut anda hubungkan ke salah satu lobang output LNB untuk satelit palapa (selanjutnya saya sebut LNB A). Input 2 nya anda hubungkan ke salah satu lobang output LNB untuk satelit telkom (selanjutnya saya sebut LNB B). Diseq yang satunya lagi (selanjutnya saya sebut diseq B) anda hubungkan output diseq tersebut ke input receiver yang kedua (selanjutnya disebut Receiver 2). Input  1 dari diseq B anda hubungkan dengan lobang output LNB A (palapa) dan input 2 diseq B anda hubungkan dengan lobang output dari LNB B (telkom). Nah semua sudah terhubung, tinggal edit satelit di masing-masing receivernya. Cara editnya sama untuk receiver 1 dan 2 yaitu anda pilih menu edit satelite atau atur parameter antena pada  receiver pilih satelit yang mau di ubah setingan antenanya,  disini berarti kita akan seting palapa dan telkom. Anda pilih palapa dulu, untuk palapa : yang harus di seting oleh anda adalah 22k tone harus dalam posisi off/mati, kemudian pilih diseq switch LNB 1 kemudian simpan(save) setelan. Pindah ke edit satelite Telkom : posisi 22k tone harus off. Kemudian pilih diseq switch pada LNB 2 dan simpan seting.
Sekarang anda tinggal angkat lagi antena ke atas tempatkan di posisi semula (bagi yang sudah terpasanga antenanya. 
Langkah selanjutnya adalah anda bisa menghidupkan receiver dan televisinya kemudian lihat intensitas signalnya, jika intensitasnya 0% maka ada kesalahan dalam pemasangan. Jika intensitanya ada, maka tinggal anda lihat kualitasnya sambil sedikit mengeser antena sampai ketemu titik fokusnya, itu ditandai dengan kualitas yang besar misal 80%. Sebagai gambaran untuk ukuran antena 6 feet kaleng, kualitas RCTI sekita 50% MNC sekitar 80% metro sekitar 45%. jika kurang dari itu berarti belum fokus atau mungkin juga ada penurunan signal dari satelit.
Catatan : Jangan menggunakan splitter atau alat untuk mengubah LNB output satu jadi dua output . karena hasilnya tidak akan maksimal.
Berikut gambar skemanya
klick gambar untuk perbesar
 

Related : Cara pasang dua LNB dengan dua Receiver untuk dua Satelite

12 Komentar untuk "Cara pasang dua LNB dengan dua Receiver untuk dua Satelite "

nha ini dia yg sya cari dari kmren .....
mksh ya gan postingnya.. tp lbih mantep lgi kalo ada contoh gambar rangkaiannya bossss... jd lbih mudah di pahami ..
ada gak gan?? kalo ada tlong email ke : aryabimayudha@ymail.com
mksh...

kalau bisa beserta gambarnya mas...jadi pemahamannya lebih mudah kalau ada gambar / foto
terima kasih :)

Aku sudah mencobanya tapi aku belom dapat sinyal...Apa ada solusi lain?

Aku sudah mencobanya tapi aku belom dapat sinyal...Apa ada solusi lain?

Aku sudah mencobanya tapi aku belom dapat sinyal...Apa ada solusi lain?

Aku sudah mencobanya tapi aku belom dapat sinyal...Apa ada solusi lain?

klau rec. pakai smart tv box bs nggak yaa?

gimana cara menggabung satelit palapa dan telkom, saya udh coba pentunjuk diatas tapi satelit tidak mau bergabung, saya gunakan LNBF C-band merk MMP Model 333, mohon bantuanya para master LNB...

Gan kirim skemanya donk..
Ni email saya...songokudbz.011@gmail.com
Lnbnya yg model biasa yah gan...merk merk globesat...

waduh belum sempat saya naik ke atap untuk foto lnb twinya mas...

Gan lnbnya tipe yg dua output yah...
D lnbnya dekat colokannnya ada tulisan v alias vertikal h alias horizontal..
Lnbnya yg sperti itu yah gan...

permisi saya mau numpang tanya saya mengganti lnb 2 reciper 2 , yang rusak 1 reciper kemudian saya ganti reciper 1 +kabel dan lnb dua-duanya setelah saya hidupkan hanya satu reciper yang mau hidup reciper yang lama tapi resiper yang baru saya pasang tidak ada signal apa masalahnya

Ikut Kami